Sabtu, 20 Agustus 2011

CERITA SI LALAT DAN LEBAH

Saya ada sedikit cerita tentang kehidupan 2 bisnismen. Bisnismen yang bernama pak X bisa dikatakan belum sukses ato masih dalam jalan menuju sukses. Sedangkan bisnismen 1 nya adalah pak Y yang sudah sangat sukses dan berhasil dalam bisnisnya. Pada suatu hari pak X ini berpikir “kenapa yah saya kok ga sukses-sukses seperti pak Y ?”. Karena beliau si pak X tadi ingin pertanyaannya terjawab lalu ia berpikir untuk ke rumah pak Y untuk bertanya kepada pak Y kiat-kiat agar Ia sukses seperti pak Y tadi.
Setelah Pak X tadi di rumah pak Y, beliau bertanya “Kenapa yah saya tidak sukses seperti anda ? Adakah tips dan trik bapak agar saya bisa sukses seperti anda ? Apa solusi untuk jalan buntu bisnis saya ini pak ?”. Lalu Pak Y ini langsung mengajak Pak X untuk mencari botol Aqua, lalat dan juga lebah. Pak X cukup bingung dengan tindakan Pak Y ini.
Setelah mendapatkan botol Aqua, lalat dan lebah langsung saja pak Y ini memasukkan lalat dan lebah tadi ke botol itu. Setelah itu terlihat sekali aktivitas 2 hewan itu tadi. Si lebah karena merasa dikurung, ia ingin keluar tetapi yang ia pilih jalan keluarnya adalah dasar botol aqua tadi. Padahal hal itu jelas-jelas tidak akan membantunya. Karena kelelahan menembus dasar botol tadi akhirnya si lebah mati. Nah sekarang apa yang dilakukan oleh lalat ?? Lalat tadi berputar-putar mengelilingi botol dari dasar botol aqua, terbang terus keatas dan akhirnya sampai di paling atas botol dan akhirnya bisa keluar dari botol itu.
Lalu Pak Y tadi menjelaskan kepada pak X bahwa “seperti itulah juga anda pak X” kata pak Y. Jika anda berprinsip pada sifat lebah yang tetap ngotot padahal sudah tahu jalan itu buntu, namun tetap ngotot mau menembusnya, maka yang akan anda dapat hanyalah kegagalan demi kegagalan. “Jadilah seperti lalat pak X, yang bisa mencari jalan alternatif saat berada dalam kesulitan”, kata Pak Y.
Nah kita dapat kesimpulan dari cerita diatas yaitu bahwa saat bisnis kita menemui jalan buntu dan mengalami kegagalan demi kegagalan, bukan berarti kita harus putus asa. Namun kita mencari jalan alternatif lain untuk mencapai kesuksesan kita. Mungkin kita bisa berganti bidang dengan bisnis yang lain, yang lebih kita kuasai daripada bisnis tersebut.
Sekarang terserah anda mau jadi lebah yang terus ingin menembus dinding botol ?? ataukan menjadi lalat yang berusaha mencari jalan keluar meskipun harus terbang dari bawah ke atas ?? Saya serahkan jawabannya pada anda.

oleh Bayu Mukti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar